UKIT-MAPATIK Seminar 'Menghadapi Tantangan Literasi di Era Revolusi Industri 4.0'

Para Peserta Foto bersama setelah selesai Seminar (Foto : Ist)

TOMOHON, SulutSatu.com - Menyambut Hari Reformasi dan HUT Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) ke-85, Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) bekerja sama dengan Komunitas Penulis MAPATIK, menggelar seminar bertajuk 'Menghadapi Tantangan Literasi di Era Revolusi Industri 4.0', Sabtu (28/9).

Kegiatan yang digelar di Wisma West-Hill, Kakaskasen, Tomohon itu menghadirkan sejumlah pembicara. DR Ivan Kaunang, M.Hum (Penulis, Akademisi UNSRAT), Kafein Wuisan, M.Pd (Penulis, Sinematografer, Akademisi UNIMA), Fredy Wowor, S.S., M.Teol (Penulis, Akademisi UNSRAT), DR Denni Pinontoan, M.Teol (Penulis, Akademisi UKIT) dan Rikson Karundeng, M.Teol (Penulis, Director Komunitas Penulis MAPATIK).

Berbagai data dan informasi menarik dikupas para pembicara. Mulai dari perkembangan revolusi industri, literasi baru, pengaruh dua isu ini bagi dunia pendidikan dan masyarakat hari ini hingga berbagai strategi dan hal konkrit untuk mengahadapi tantangan era revolusi industri 4.0.

Topik yang dibahas mendapat respon antusias dari para peserta yang ikut hadir dalam seminar ini. Baik warga GMIM, mahasiswa, akademisi sejumlah perguruan tinggi hingga para jurnalis yang hadir.

Rektor UKIT Pdt. Dr Richard A.D. Siwu, M.A., Ph.D melalui Wakil Rektor III Gandra Tambingon, M.Si, mengaku sangat gembira dengan penyelenggaraan seminar ini.

"UKIT bersyukur bisa bertemu dengan komunitas-komunitas seperti Komunitas Penulis MAPATIK. Kita bisa berkolaborasi untuk menggelar kegiatan akademis seperti ini. Kami bangga, orang-orang luar biasa yang menggerakkan komunitas ini banyak yang alumni UKIT," tutur Tambingon.

Diakui, seminar ini sangat menunjang program universitas. "Ini menunjang program universitas, 'sarjana plus'. Kita berhutang kalau  tidak mempersiapkan dengan baik para mahasiswa kita. Jadi ketika mereka selesai studi, bukan cuma memahami akademik, tapi mereka bisa dilengkapi dengan keterampilan. Hal penting di era revolusi 4.0 hari ini," tandas Tambingon.
(Mapatik/Red)
Share on Google Plus

Penulis: SulutSatu.com

0 comments:

Post a Comment