Mewengkang : Ciptakan Pilkada Yang Dapat Dimaknai Secara Positif

Foto Istimewa

MANADO, SulutSatu.com - Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA) untuk Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2018, akan serentak dilaksanakan di 5 kabupaten dan 1 kotamadya.

Demi terciptanya Pilkada yang dapat dimaknai secara positif, Ketua Komisi I DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkan berharap agar partai politik (Parpol) jangan terpaku pada sistem hanya untuk meraih kemenangab dalam Pemilukada nanti.

“Yang terpenting adalah pendidikan politik. Pemerintah sudah meningkatkan dana parpol, jadi parpol jangan pragmatis. Harus ada keseimbangan dari partai dan masyarakat, apa inti dari fungsi partai dan Pemilukada yaitu partai harus mendidik dan bertanggung jawab dalam hal itu,” jelas Mewengkang dalam diskusi publik yang di gelar Forward bekerja sama dengan Tumbelaka Academic, Jumat (09/02/2018).

Lebih lanjut dijelaskan Legislator Gerindra ini, alat pemersatu bangsa Indonesia dalam bingkai Pancasila harus dikedepankan agar pilkada menjadi kedewasaan cara-cara berpolitik yang sehat dan dinamis.

“Fungsi Parpol harus bisa menampilkan diri sebagai agen pencerahan. Sebab partai politik mengemban peran dan fungsinya yang kalau saja dijalankan secara konsisten akan membawa perubahan pada peningkatan kesadaran politik masyarakat,” tutupnya.
(*/Jimmy)
Share on Google Plus

Penulis: sulut satu

0 comments:

Post a Comment